Minggu, 15 Maret 2015

Sriwijaya Air Pertimbangkan ATR 72-600 dan Bombardier Q400 untuk NAM Air


Maskapai penerbangan Sriwijaya Air dikabarkan sedang mempertimbangkan antara pesawat ATR 72-600 atau Bombardier Q400 untuk anak usahanya, NAM Air. Kabarnya, salah satu perusahaan penerbangan swasta terbesar di Indonesia itu sedang melakukan pembicaraan dengan ATR dan Bombardier mengenai peluang untuk memesan 20-30 pesawat. Perusahaan saat ini sedang mempelajari ATR 72-600 dan Bombardier Q400 dengan kemungkinan pemesanan dilakukan pada bulan depan.

Menurut rencana, Sriwijaya Air akan menggunakan pesawat baling-baling itu untuk melayani rute penerbangan domestik point-to-point jarak dekat yang kini belum dilayani oleh perusahaan. Pemesanan pesawat ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi model bisnis NAM Air. Jika Sriwijaya Air mamilih Bombardier Q400, maka NAM Air bisa melayani rute-rute sekunder dengan jarak yang agak jauh karena pesawat buatan Kanada ini memiliki keunggulan di sisi kecepatan dan jarak jangkau. Sementara itu, jika Sriwijaya Air memesankan ATR 72-600 bagi NAM Air, maka anak usaha Sriwijaya Air itu akan fokus dalam melayani rute-rute penerbangan jarak pendek. Pengiriman pesawat bisa dilakukan mulai akhir tahun ini, dengan perusahaan leasing pesawat memainkan peran utama dalam pemesanan ini.

NAM Air saat ini beroperasi dengan mengandalkan dua pesawat Boeing 737-500 untuk melayani rute-rute penerbangan sekunder yang belum banyak terlayani oleh maskapai penerbangan lain. Sekarang tidak ada perbedaan signifikan antara layanan yang diberikan oleh NAM Air dan Sriwijaya Air. Namun, jika NAM Air sudah mendapatkan pesawat baling-baling pesanan Sriwijaya Air, maka peran NAM Air akan terlihat berbeda di dalam Sriwijaya Air Group. Sriwijaya Air akan fokus dalam melayani rute-rute primer, sedangkan NAM Air akan melayani rute-rute sekunder jarak dekat.

Sumber : http://indo-aviation.com/2015/03/14/sriwijaya-air-pertimbangkan-atr-72-600-dan-bombardier-q400-untuk-nam-air/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar